digunakan untuk materi yang memiliki karakteristik sbb:
- informasi baru
- bersifat konsep
- luas dan mendalam
- memerlukan kontrol dan mastery learning
- memungkinan dipelajari secara berulang
- membutuhkan kontrol waktu dalam setiap segmen materi.
- pendahuluan
- pokok materi
- jenis balikan dan respon
- deteksi jawaban benar dan salah
- soal formatif atau uts
- melihat hasil
- pengenalan
-judul program
-identitas program
-objektifitas program
-petunjuk
-stimulsi prioritas pengajaran
-initial kontrol - penyajian informasi
-mode presentasi
-panjang teks penyajian
-animasi dan gambar
-warna dan penggunaanya - Pertanyaan dan respon-respon
- penilaian respon
- pemberian balikan respon
- remediation
- segment pengaturan pelajaran
- penutup
B. Model SIMULASI
digunakan jika materi memiliki karakteristik:
- bersifat proses bekerjanya suatu alat, penciptaan produk tertentu.
- terdiri dari prosedur dalam bentuk sistem tertenty
- bertujuan untuk membuktikan sesuatu melalui proses eksperimen
- berupa analisis, sintesis, dan aplikasi
- memerlukan proses pengamatan yang cermat.
- pendahuluan
- pokok materi
- adanya fasilitas berupa tombol untuk mengulangi materi simulasi
- adanya illustrasi berupa animasi sesuai dengan materi
- soal formatif atau uts di luar prosedur tutorial.
- melihat hasil
C. MODEL GAMES
ketentuan umum untuk karekteristik:
- bersifat mencari dan menemukan jawaban sendiri oleh mahasiswa.
- materi terdiri atas bagian2 yang memiliki satu kesatuan
- menunjukkan proses dan prosedur permainan yg menarik
- bersifat analisis, sintesis dan evaluasi
- memerlukan proses permainan dan berpikir kritis
- menuntut bentuk dan variasi stimulus dan penguatan yg kuat.
- pendahuluan
- pokok materi
- adanya fasilitas utk mengulangi permainan
- adanya pelakon, tokoh penggati peran mahasiswa dalm permainan
- setiap akhir permainan ada reward
- evaluasi diakhir permainan dan dipisahkan sesperti tutorial
- soal formatif
- melihat hasil.
D.MODEL DRILL
ketentuan karakteristik:
- telah disampaikan pd perkuliahan sebelumnya atau akan diberikan selanjutnya.
- bersifat pre-test dengan fungsi diagnostik kemampuan pemahaman dan kecepatn belajar mahasiswa
- tanpa banyak uraian dan sederhana
- bersifat penerapan dan kesimpulan
- menekankan pada aspek kognitif
- pendahuluan
- pokok materi
- adanya deteksi salah benar
- adanya respon jawaban salah/benar
- adanya fasilitas mengulangi materi.
- adanya evaluasi
- adanya deteksi wakti yang digunakan untuk menjawab setiap soal sesuai jumlah soal yang tersedia.
- adanya grafik mengenai pencapaian skor dan kriteria mengulang tidaknya mahasiswa dalam mengikuti proses latihan tersebut.
No comments:
Post a Comment