Wednesday, June 8, 2011

Model Multimedia Interaktif

A. Model Tutorial
digunakan untuk materi yang memiliki karakteristik sbb:
  1. informasi baru
  2. bersifat konsep
  3. luas dan mendalam
  4. memerlukan kontrol dan mastery learning
  5. memungkinan dipelajari secara berulang
  6. membutuhkan kontrol waktu dalam setiap segmen materi.
Ciri model tutorial
  1. pendahuluan
  2. pokok materi
  3. jenis balikan dan respon
  4. deteksi jawaban benar dan salah
  5. soal formatif atau uts
  6. melihat hasil
Komponen model tutorial
  1. pengenalan
    -judul program
    -identitas program
    -objektifitas program
    -petunjuk
    -stimulsi prioritas pengajaran
    -initial kontrol
  2. penyajian informasi
    -mode presentasi
    -panjang teks penyajian
    -animasi dan gambar
    -warna dan penggunaanya
  3. Pertanyaan dan respon-respon
  4. penilaian respon
  5. pemberian balikan respon
  6. remediation
  7. segment pengaturan pelajaran
  8. penutup

B. Model SIMULASI
digunakan jika materi memiliki karakteristik:
  1. bersifat proses bekerjanya suatu alat, penciptaan produk tertentu.
  2. terdiri dari prosedur dalam bentuk sistem tertenty
  3. bertujuan untuk membuktikan sesuatu melalui proses eksperimen
  4. berupa analisis, sintesis, dan aplikasi
  5. memerlukan proses pengamatan yang cermat.
prosedur simulasi:
  1. pendahuluan
  2. pokok materi
  3. adanya fasilitas berupa tombol untuk mengulangi materi simulasi
  4. adanya illustrasi berupa animasi sesuai dengan materi
  5. soal formatif atau uts di luar prosedur tutorial.
  6. melihat hasil

C. MODEL GAMES
ketentuan umum untuk karekteristik:
  1. bersifat mencari dan menemukan jawaban sendiri oleh mahasiswa.
  2. materi terdiri atas bagian2 yang memiliki satu kesatuan
  3. menunjukkan proses dan prosedur permainan yg menarik
  4. bersifat analisis, sintesis dan evaluasi
  5. memerlukan proses permainan dan berpikir kritis
  6. menuntut bentuk dan variasi stimulus dan penguatan yg kuat.
prosedur games:
  1. pendahuluan
  2. pokok materi
  3. adanya fasilitas utk mengulangi permainan
  4. adanya pelakon, tokoh penggati peran mahasiswa dalm permainan
  5. setiap akhir permainan ada reward
  6. evaluasi diakhir permainan dan dipisahkan sesperti tutorial
  7. soal formatif
  8. melihat hasil.

D.MODEL DRILL
ketentuan karakteristik:
  1. telah disampaikan pd perkuliahan sebelumnya atau akan diberikan selanjutnya.
  2. bersifat pre-test dengan fungsi diagnostik kemampuan pemahaman dan kecepatn belajar mahasiswa
  3. tanpa banyak uraian dan sederhana
  4. bersifat penerapan dan kesimpulan
  5. menekankan pada aspek kognitif
prosedur model drill:
  1. pendahuluan
  2. pokok materi
  3. adanya deteksi salah benar
  4. adanya respon jawaban salah/benar
  5. adanya fasilitas mengulangi materi.
  6. adanya evaluasi
  7. adanya deteksi wakti yang digunakan untuk menjawab setiap soal sesuai jumlah soal yang tersedia.
  8. adanya grafik mengenai pencapaian skor dan kriteria mengulang tidaknya mahasiswa dalam mengikuti proses latihan tersebut.

No comments:

Post a Comment