Monday, March 14, 2011

Karakteristik PBK yang efektif

Yang terkandung dalam post ini:
1. Karakteristik PBK yang efektif
2. Pola-pola Komunikasi di dalam pembelajaran
3. Struktur PBK
4. Kriteria yang harus dimiliki PBK dari sudut pandang Guru dan Siswa

Penjelasan:
Berikut ini karakteristik PBK yang efektif
  • PBK yang efektif sesuai dengan tujuan pembelajaran
  • PBK yang efektif menyesuaikan dengan karakteristik siswa
  • PBK yang efektif memaksimalkan interaksi
  • PBK yang efektif diindividualisasikan
  • PBK yang efektif menarik minat siswa
  • PBK yang efektif melakukan pendekatan yang positif kepada siswa
  • PBK yang efektif menyediakan feedback yang beragam
  • PBK yang efektif sesuai dengan lingkungan pembelajaran
  • PBK yang efektif mengevaluasi prestasi sesering mungkin
  • PBK yang efektif menggunakan sumber daya komputer yang baik
  • PBK yang efektif mengacu pada prinsip desain pembelajaran
  • PBK yang efektif sudah dievaluasi terus-menerus


Pola-pola Komunikasi dalam pembelajaran
Komunikasi antara pengajar dan peserta didik dapat dilakukan dengan menggunakan pola-pola komunikasi berikut:
-Perintah,
-menu,
-Tanya jawab,
-form isian,
-manipulasi langsung,
-bahasa alami


Perangkat Lunak Pendukung PBK
Perangkat lunak dapat menyajikan informasi dalam bermacam bentuk yang jauh lebih mudah daripada ‘metode-metode kertas’ yang selama dipakai. Perangkat lunak tersebut antara lain: Alteros 3D, Macromedia Flash, Macromedia Director, Power Presentations, Microsoft Office, Web Master, dll.

Dengan pemanfaatan perangkat lunak maka dapat membantu mengubah pengalaman belajar dari pendekatan tradisional (guru berbicara di depan kelas, kemudian memberikan tugas membaca) ke pendekatan lebih partisipatif yang memanfaatkan rasa ingin tahu alami para siswa pada semua usia

Struktur PBK
PBK merupakan program pengajaran dengan memanfaatkan komputer yang memiliki struktur program diantaranya:
-desain bentuk (aplikasi perangkat lunak),
-isi (pesan pembelajaran), dan
-pendukung (perangkat lunak yang dibutuhkan dalam pengoperasian program, teks, audio, video, grafis, dan sebagainya).

Keseluruhan komponen terintegrasi dalam sebuah program dengan memperhatikan: kemudahan pengoperasian, interaktivitas, kemenarikan, dan dukungan perangkat evalusi untuk mengukur tingkat pemahaman siswa seperti Multiple Choice System, atau perangkat lunak sejenisnya.

Kriteria yang harus dimiliki PBK
Dari sudut pandang dosen/guru adalah:
  • mudah digunakan (baik pembuatan maupun pemanfaatannya),
  • hanya memerlukan pelatihan minimal,
  • memungkinkan pembelajaran dengan cara siswa sendiri,
  • memungkinkan pengendalian pembelajaran sesuai dengan lingkungan.

Dari sudut pandang siswa:
  • fleksibilitas,
  • bahan belajar lebih kaya dibandingkan melalui kelas konvensional,
  • berjalan pada komputer yang telah tersedia,
  • memungkinkan kolaborasi yang memadai,
  • mencakup pengembangan materi lanjutan melalui diskusi kelas dan kerja kelompok.
Dengan demikian struktur program PBK harus bersifat dapat terus dikembangkan (scalable)

No comments:

Post a Comment