Monday, March 14, 2011

Point-Point Penting PBK

Yang terkandung dalam post ini:
1.Point-point penting dalam PBK:Media,Content, dan Exam.
2.Kerucut Pengalaman Belajar
3.PBK Vs Pengajaran tradisional

Penjelasan:
Ada beberapa point-point penting dalam PBK:
  • Media
    Hardware
    Seperangkat komputer, proyektor, LCD viewer dll
    Software (Aplikasi)
    Aplikasi multimedia, mis : Flash
  • Content
    Merupakan materi / informasi yang akan disampaikan kepada siswa
  • Exam
    Bagaimana konsep ujian diberikan
Media Pembelajaran
Media adalah semua bentuk perantara yang digunakan orang untuk menyampaikan menyebar ide, sehingga ide yang disampaikan itu bisa sampai kepada penerima. Media dimanfaatkan untuk proses komunikasi antara guru dengan peserta didik. Segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk mendorong proses belajar dapat dikategorikan sebagai media.

Pemanfaatan media perlu memperhatikan beberapa faktor, antara lain:
(a) kecocokan,
(b) tingkat kesulitan,
(c) biaya,
(d) ketersediaan, dan
(e) mutu teknis.

Media pembelajaran dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
1. media objek fisik,
2. media grafis/visual,
3. media proyeksi,
4. media audio, dan
5. media audio-visual.

Tujuan Pemanfaatan Media:
Tujuan pemanfaatan media adalah untuk menciptakan komunikasi yang baik antara guru dan peserta didik. Pemanfaatan media yang tepat dapat meningkatkan kualitas komunikasi guru-peserta didik yang pada akhirnya meningkatkan efektivitas pembelajaran. Sebaliknya pemanfaatan yang kurang tepat seringkali mengganggu komunikasi dan mengurangi efektivitas pembelajaran.

Kerucut Pengalaman Belajar
Semakin banyak indra yang dimanfaatkan oleh peserta didik, semakin baik daya ingat peserta didik, sebagaimana kerucut pengalaman belajar Edgar Dale berikut:


Penelitian Tentang Keefektifan PBK
Bila PBK dibandingkan dengan pengajaran tradisional maka akan banyak perbedaan penting yang terlihat (Clark, 1984 ;Dence, 1980; Leiblum, 1982)
Ada 42 penelitian studi di tingkat SLTP dan SLTA dalam proses belajar mengajar pada beberapa topik tertentu dengan belajar berbantuan komputer lebih efektif.(Bangert-Drowns, Kulik, and Kulik, 1985 )
Ada analisis baru bahwa PBK lebih efektif (Atkinson, 1984)
Pada faktanya, PBK bila dikembangkan misalnya terlihat pada studi komparatif maka PBK lebih memiliki kesiapan dibandingkan dengan pengajaran tradisional.(Bright, 1983; Clark, 1984)
Pengembang dalam membuat program PBK dengan pelajaran tradisional maka akan terdapat perbedaan yang jelas (Kulik, Kulik,and Cohen, 1980)


PBK vs Pengajaran Tradisional
PBK dibandingkan dengan pengajaran tradisional maka akan banyak perbedaan penting yang terlihat, yaitu:
  • PBK lebih efektif
  • PBK lebih memiliki kesiapan untuk dikembangkan dibandingkan dengan pengajaran tradisional
  • Dalam PBK, peserta didik dapat menentukkan topik-topik apa saja yang ia sukai dan bebas untuk memilih memulai pelajaran
  • Melalui PBK dapat meyakinkan bahwa topik-topik akan disajikan secara utuh, dsb..



No comments:

Post a Comment