Wednesday, March 30, 2011

KIM1

Apakah Multimedia itu?
Kombinasi apa saja dari:
Teks
Grafis
Suara (bunyi, musik, dll.)
Animasi (gambar bergerak)
Video
yang disajikan atau dimanipulasi dalam komputer.

Apkah digital itu?
Pada umumnya, multimedia di komputer disajikan secara digital. Digital berasal dari “digitus” (Greek/Yunani: “jari-jemari”). Jari itu berjumlah 10, dan komputer pada hakikatnya bekerja hanya dengan angka biner, yakni 1 dan 0, atau ON dan OFF.

Contoh pembuatan dan penyajian multimedia:
Modern: dengan Graphical User Interface (GUI) at the bare minimum

Bentuk-bentuk Multimedia
E-greeting Cards
Telekonferensi
Album foto online
Google Books
Google Maps
Online entertainment
Dan bahkan Facebook pun adalah sebuah multimedia (ingat definisi!)


Memproduksi multimedia...
Dibutuhkan:
Kreativitas, kreativitas, dan kreativitas
Alat: teknologi, software
Bakat untuk mengorganisasi
Pengetahuan tentang IPR (Intellectual Property Rights)
(Optional): Kemampuan marketing

Dari mana memulainya?
Sering-seringlah mengunjungi website dengan multimedia. Ask “Uncle Google” ;-)
Lihat apa yang sedang “trend”, “menarik”, dan “akan trend atau menarik” (because you are a lead user!)
Belajar tools/software: Flash Creative Suite(CS)3 (animasi), Adobe Photoshop CS4 (gambar diam/foto 2D), dsb. tutorial tersedia di Internet
Belajar menggunakan teks dan font secara efektif
Belajar (psikologi) pewarnaan
Belajar menganimasikan gambar menjadi film
Belajar me-record & meng-edit sound

Jenis Multimedia
-Interactive
User dapat mengontrol:
Apa, dan
Kapan, suatu elemen multimedia disajikan

-Hyperactive (Hypermedia)
Interactive multimedia dengan struktur elemen-elemen yang terkait dan bisa dinavigasi

-Linear
Dimulai dari awal hingga akhir
Tidak interaktif

-Non-linear
Tidak harus dimulai dari awal hingga akhir
User diberi kontrol untuk navigasi sehingga dapat menjelajah sesuai keinginan
Interaktif


Apa Arti “Authoring”?
Mengintegrasikan elemen-elemen multimedia menjadi satu
Contoh: mengintegrasikan grafik, montage (?), potongan video, dan suara menjadi presentasi akhir
Tools: PC Storyboard (80'an), Authorware (kini)


Multimedia membutuhkan...
Memori digital yang besar
Processing power yang tinggi
Bandwidth network yang besar (jumlah data maksimum yang dapat ditransfer -- dalam bytes/satuan waktu)
GUI (Graphical User Interface) antarmuka untuk pengguna
Storage: CD (Compact Disc) 650MB, DVD (Digital Versatile Disc) = 4,7 GB, DL (Double Layer) = 18 GB, Versatile ('versetel' = able to move freely in all directions)
Jalur lalu lintas multimedia: backbone, optic fiber

Mengapa multimedia?
Meningkatkan pembelajaran
Menambah jumlah pembelajaran/data yang bisa diingat (retention rate):
Audio (20% retention rate)
Audiovisual (30%)
Audiovisual Interaktif (60%)
Mengubah gaya belajar pasif (model transmisi) menjadi aktif (model Kolb = pembelajaran eksperiensial [dengan mengalami sendiri])

Di mana digunakan multimedia
Bisnis
Rumah
Sekolah
Tempat umum: gagasan mendirikan Information Superhighway di AS (periode Clinton-Gore) mengkoneksikan sekolah, klinik, dan rumah sakit pada tahun 2000

Contoh penggunaan multimedia
Virtual Reality (VR) 3D: flight simulator, dummy test-drive, Wii
Butuh “horsepower” yang sangat besar agar tampak “realistik”
Contoh tools: VRML (Virtual Reality Modelling Language)

No comments:

Post a Comment